Monday 18 April 2016

#samerprojek exhibition press release | come and joy!


Samer Projek

Samer Projek atau yang kemudian lebih dipopulerkan dengan nama #samerprojek adalah sebuah projek video yang diinisiasi oleh kikiretake dengan kemudian mengajak Ardhika Pranata, Farid Prasetya, dan Pascall Ferdinan. Projek ini mencoba merespon tiga hal yang dekat dengan kehidupan anak muda saat ini, yaitu video, telepon genggam, dan media sosial. Berangkat dari kedekatan mereka terhadap ketiga hal ini, mereka mencoba merespon suara nada dering dari masing-masing orang, dan membuat sebuah video.

Selama empat bulan sejak Januari 2016, ke-empat penggagas ini memproduksi video-video berdurasi 5-15 detik, durasi yang sesuai dengan kebutuhan media sosial Instagram. Setelah berproses sekitar empat bulan, dan mengunggah sebanyak kurang lebih 160 video, #samerprojek akan dipresentasikan di Lir Space, yang terletak di Jl. Anggrek I/33, Baciro, Jogja ini hanya dalam satu hari, yakni tanggal 22 April 2016. Selama kurang lebih tiga jam, seluruh video yang telah terunggah ini akan dipajang di dalam galeri menggunakan kurang lebih 50 telepon genggam. Selain mencoba eksperimen dalam bentuk presentasi video, ke-empat pembuat video ini pun mencoba melibatkan beberapa kelompok kecil (kampus, UKM, maupun komunitas) untuk mewujudkan pameran satu hari ini.

Selain dipresentasikan selama satu hari di dalam galeri, #samerprojek ini dapat dilihat melalui tagar yang memang sejak semula dipopulerkan melalui Instagram. Alih-alih menggunakan akun tersendiri, projek ini lebih memilih untuk mengoptimalkan penggunaan tagar. Hal ini dimaksudkan agar projek ini kemudian dapat lebih mudah diakses, dan dapat diunggah oleh tiap-tiap orang yang terlibat sehingga memberikan kedekatan tersendiri. Untuk lebih lengkap, silahkan datang dan saksikan pameran #samerprojek.

#samerprojek
Inisiator:
- Ardhika Prananta (@dhikatai)
- Farid Prasetya (@prasetyafarid)
- kikiretake (@kikiretake)
- Pascall Ferdinan (@pascallferdinan)

Audio Soundscape:
Sandi Kalifadani (@kalifadani)


Merchandise:
Rizkiana N. A. (@rizkianarianti_)

Penulis Pengantar Pameran:
Kurniadi Widodo (@kurniadiwidodo)

Info: 082242532455 (tikong)


-----

5 welcome & joy!: #samerprojek exhibition press release | come and joy! Samer Projek Samer Projek atau yang kemudian lebih dipopulerkan dengan nama #samerprojek adalah sebuah projek video yang diinisiasi oleh ki...

No comments:

< >
Rifqi Mansur Maya adalah seorang kreator audio visual dan hal-hal lintas disiplin seni di antaranya. Dalam blog resmi ini, kamu bisa melihat beragam arsip karya yang dikerjakan Rifqi Mansur Maya. Mari bekerjasama...