Tuesday 11 August 2009

STAGE MANAGER [sifat]

  1. Netral. Tidak berpihak pada siapa pun(tim produksi, tim artistik)
  2. Kemampuan berkomunikasi secara baik. 
  3. Diplomasi. Mengerti bagaimana cara membuata sesuatu menjadi baik tanpa harus menyakiti orang lain. 
  4. Kemampuan berorganisasi. 
  5. Memiliki akal sehat. Kapan bisa berkata “ya“ kapan “tidak” dan tegas dalam memutuskan. 
  6. Pendisiplinan diri (lebih fokus). Termasuk mampu mendisiplinkan orang lain tanpa harus mengganggu kenyamanan orang lain. 
  7. Inisiatif. 
  8. Bertanggungjawab.tidak menyalahakn orang lain, tapi membantu meyelesaikan. Apabila kita salah, maka minta maaflah lalu melanjutkan pekerjaan. 
  9. Compassions. Setiap orang memiliki hari baik/buruk. Jadi kita harus pintar-pintar melihat keadaan orang lain sebelum mengajaknay berinteraksi. 
  10. Sabar. 
  11. Humor. 
  12. Otoriter. Tetap harus menyuruh orang untuk menyelesaikan pekerjaanya masing-masing tanpa harus meresa mereka adalah kecil dan kita lebih besar dari mereka. Sekali ita menjatuhkan orang lain, saat itu juga mereka tidak akan menghargai kita, apalagi bisa senang bekerja dengan kita. 
  13. Judgement. Pengambilan keputusan. Seperti memahami orang lain. 
  14. Lateral. Harus bisa menerka apa yang akan terjadi ke depan. Apabila akan terjadi hal buruk dengan segera kita dapat mengantisipasinya.
  15. Menghormati. 
  16. Cerdas. 
  17. Timing. Memiliki sensibilitas pada waktu dalam mencatat. 
  18. Mencintai apa yang dikerjakan.
apabila ada kekeliruan, saran dan kritik andalah yang saya butuhkan. terima kasih banyak.

*materi ini diperoleh pada saat mengikuti Lokakarya Stage Manager yang diadakan oleh KELOLA Yayasan Seni dan Budaya di ISI Surakarta. Penulis sebagai peserta.
5 welcome & joy!: STAGE MANAGER [sifat] Netral. Tidak berpihak pada siapa pun(tim produksi, tim artistik) Kemampuan berkomunikasi secara baik.  Diplomasi. Mengerti bagaimana ca...

No comments:

< >
Rifqi Mansur Maya adalah seorang kreator audio visual dan hal-hal lintas disiplin seni di antaranya. Dalam blog resmi ini, kamu bisa melihat beragam arsip karya yang dikerjakan Rifqi Mansur Maya. Mari bekerjasama...