Sunday 2 June 2013

Lesson #1 - Jalan Ngebut



lesson #1 - inline skate
inline skate - minggu, 2 juni 2013 - lap di depan kost

ini catetan gue belajar inline skate (inline). inline skate sendiri biasa orang sebut rollerblade atau gampangnya, sepatu roda dengan susunan roda terletak satu garis di tengah. gak usah tanya sejarahnya dari mana, yak. ada juga jenis lain, sepatu roda (susunan roda kayak mobil carry), inline ice-skating, sampe sepatu ber-roda kecil di belakangnya (yang biasa elu liat di mall, anak kecil pada meluncur itu).
kalo ada lagi elu bisa tambahin di kolom komentar, biar gua juga bisa tau. tengss....



ok, terus elu gak usah tanya berapa harga atau merk inline yang gua pake sekarang? entar juga gua ceritain. sebagai pemula (newbie-bahasa 2013nya) tidak baik menghitung perihal tehnis perlengkapan itu (merk, spect, harga, atau milik siapa sekalipun). sebaiknya lakukan saja, sesuaikan dengan niat awalmu "kenapa gue pengen bisa make inline?"

berdasar situs yg gua baca mengenai 'bagaimana cara menggunakan inline skate bagi pemula?', gua menemukan beberapa pembelajaran untuk pemula dalam menggunakan inline itu. beberapa hal tersebut adalah:
  1. pastikan inline itu ada di depan mata lu. caranya bagaimana, elu bisa jawab sendiri. pinjam, sewa, atau beli kalo elu mampu. mahal, soalnya.
  2. kalo tu barang udah ada di depan mata lu. langkah kedua adalah, cek, itu inline atau bukan? siapa tau itu sepatu jebakan, supaya elu jatoh atau enggak bisa melarikan diri setelah elu berbuat yang tidak-tidak di rumah teman atau semacamnya.
  3. cek aja keadaan inline-nya. rodanya bener empat ato kagak? ada pelindung dalamnya atau enggak? baut komplit enggak? standart check-lah.... rem-nya jangan lupa elu cek juga. penting tuh.
  4. sebelum elu memulainya. tanya lagi ama diri lu. "bener enggak sih, gue mau belajar make inline?" atau pertanyaan yg paling extream, "apa negara elu butuh orang yang bisa make inline?" kira-kira begitu rumus untuk menguatkan hati yang sering goyah ama ambisi. kalo sekiranya tidak, elu gak usah lanjutin baca tulisan ini. mending elu beli es krim dan duduk manis sambil ndengerin winamp dengan playlist lagu favorit lu.
  5. elu. ya, elu, siape lagi? selamat, elu sampai pada langkah kelima. langkah selanjutnya adalah cek lokasi sekitar tempat tinggal elu. siapa tahu ada lapangan kosong, teras rumah orang kaya yang nganggur, atau plesteran sebelah masjid yg baru jadi. elu bisa pake tuh tempat. pastiin juga tetangga-tetangga elu mendukung apa yang elu lakukan. biar dapet ridho-nya (agama gua ngajarin itu soalnya). sebelumnya, terima kasih, elu udah ngelewatin point nomer 4. point itu menurut gue, hal mendasar bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. apapun. ok, elu boleh lanjut ke nomer 6 sekarang.
  6. kalo semua hal di atas (ada inline ada lokasi, meluncurlah...) ada. elu boleh baca lagi tulisan gua yang di dalem kurung tadi.
  7. tehnik memakai inline. tehniknya sama kaya elu pake sepatu kalo mau sekolah atau bekerja. pake kaos kaki, pake lapisan dalam inline, baru elu masukin kaki elu ke inline. kencengin tuh semua belt yang udah dikasih ama pabriknya (kencengin sabuk sepatu inline-nya).
  8. kalo udah kepake sepatu inline-nya. sekarang elu harus pake pelindung (protective gear) kepala, pundak, lutut, kaki. lho, kok kaya lagu permainan akan-anak, yak? enggak-enggak.... elu kudu pake pengaman buat dengkul, sikut, ama kepala. itu sangat dianjurkan bagi newbie atau pro sekalipun. kalo elu enggak mau ke dokter untuk beli obat merah, mending elu nurut aja deh ama perintah ini. kalo elu enggak percaya, elu bisa tanya mbah google untuk memastikan kewajiban pelindung bagi pengguna inline. karena gua gak punya cukup kemampuan untuk menghadirkan protective gear tersebut, maka, yang gua lakukan adalah mengakalinya.
  9. elu eggak usah tanya bagaimana gua mengakali protective gear  itu? elu sudah sampai di point 9, penting. dua point sebelum elu meluncur. setelah semua terpakai pada tempatnya. helm di kepala, sikut terlindung, lutut juga terlindung. mulai deh elu berdiri. "udah, gua udah berdiri', 'cepet amat berdirinya??', "bego! itu inline elu pake, begooooooooo!!!!!!', dialog ini jangan elu terapin di rumah,  entar elu kualat. yang gua maksud berdiri di sini adalah, berdiri dengan membentukan kaki kalian seperti huruf 'V'. itu tehnik dasar untuk berdiri di atas inline. abis itu jalan ditempat deh. gak usah pegangan. ok2, pegangan dulu enggak papa, deh. gua juga begitu.
  10. ini point terakhir dan terpenting yang pernah gua alami. berdasar catatan dari para pro yang gua baca tentunya. elu baca pelan-pelan, nih... 'sadarkan kalo kedua kaki itu sedang dibesarkan proyeksinya, menjadi ber-roda'; 'sadarkan anda tidak dalam keadaan letih'; 'kuatkan niat anda untuk bisa meluncur, minimal 20cm sebagai langkah awal'; dan 'stay calm and focus'.  itu kira-kira sensasi yang gua alami di lesson #1. mungkin kalian akan bersensasi yang lain. sebaiknya membagi juga sensasi itu kepada yang lain, agar mereka merasakan nikmatnya 'jalan ngebut'.
itu tadi rangkuman lesson #1, gue. terima kasih telah membacanya. sebagai tambahan, gua berhasil meluncur sejauh 20cm setiap pergerakannya. kalo elu bisa meluncur melebihi itu, sabaiknya kirim jimat (rumus) elu dan tulis di kolom komentar. pasti gua baca.


tengss, salam jalan ngebut.....

lokasi               : lap kost kiki
foto oleh            : sahroni 'kancil'
edited (.)gif oleh   : kikiretake

nb:

pasangan serasi. protector modal, inline kagak. hahahha....


ini protector gear gue. punya elu kayak gimana?

to be continued in Lesson #2>>>>
5 welcome & joy!: Lesson #1 - Jalan Ngebut lesson #1 - inline skate inline skate - minggu, 2 juni 2013 - lap di depan kost ini catetan gue belajar inline ska...

2 comments:

anto azato said...

keren tuh koy....!!!

rifqimansurmaya said...

iya nih, baru belajar.

#]

< >
Rifqi Mansur Maya adalah seorang kreator audio visual dan hal-hal lintas disiplin seni di antaranya. Dalam blog resmi ini, kamu bisa melihat beragam arsip karya yang dikerjakan Rifqi Mansur Maya. Mari bekerjasama...