Monday 28 October 2013

#SWIMTERDEYKETUJUH yang penuh rasa syukur


apa hubungan swimterdey dengan rasa syukur? bukannya kita memang selalu harus bersyukur atas apapun? misalnya kelelep - ada motif untuk berenang, minum air tanpa niat - gak perlu niat, terpeleset - sadar punya rasa, ketinggalan celana dalam waktu menyelam - bego, atau yang lainnya. hahahahahaa.....


okeoke. bingung gue mau nulis apa. liat gambar aja, yak...


gambar 1. itu gambar gue sendiri. tapi yang motret orang lain. dari itu gue selalu bersyukur, karena gue bisa jadi model untuk orang lain yang suka motret. amin...

gambar 2. itu uye, teman asli jogja yang full 100% berangkat, walaupun cuma untuk foto-foto. kecuali kalo ada perintah dari orang tuanya. do'i selalu bimbang untuk memilih, antara renang dengan gue dan teman-teman atau dengan orang tuanya. syukur masih bisa kelihatan dengan komposisi 75 - 25.

gambar 3. ini apa, coba??? tapi gue suka kok dipotret. asal teman-teman senang. hahaha... dasar bego!

gambar 4. ini uye, lagi. kan, gue bilang juga apa, do'i nih paing demen difoto. apa karena hape-nya beresolusi tinggi atau memang ini adalah cara dia untuk ber-solusi. entah....

gambar 5. gue lagi. lama-lama gue sama kaya uye, yak. aah, lagi-lagi memberi kesempatan untuk yang suka disukai motret.

gambar 6. beda. ini murtad. jangan liat kamus atau mengingat kata itu lagi. itu hanya sebuah nama yang selalu bisa diedit. lihat tulisan 2.10m itu. do'i bangga banget dengan tulisan itu. tapi coba pikir ulang. kenapa dia di situ dan kenapa yang motret menembak sudut itu. pertama, model, amatiran kayak gini selalu sadar dengan dirinya sendiri tanpa melihat sekitar. siapa tau dia dijebak ama yang motret. tapi, do'ikan bisa berenang. ada maksud ataupun tidak, yang penting kita membaca dan melihat ini.

gambar 7. ini kayaknya gue. tapi coba 'ntar gue cari dulu siapa yang motret. pasti do'i tau kaki siapa ini? 'ntar kalo udah, pasti gue revisi khusus bagian ini.

gambar 8. ini murtad lagi. do'i paham 'nggak sih kalo lagi difoto? kok gak liat ke kamera, yak? gak kaya foto pertama tadi. atau, suapaya yang ngeliat gak bosan. makannya do'i ganti arah pandang. biar gak menstrim mungkin. mungkin...

gambar 9. selalu ada misteri jika nyemplung, kelelep, dsb. pasti kita gak pernah jelas tahu siapa do'i sebenarnya? hukum kausalitas sangat dirujuk sekali di sini. tapi ya, mana kita tahu. orang yang terekam aja udah kayak gini? jawabannya ada pada yang motret. kausalitas banget, tuuh. kalo do'i inget. kalo kagak? serahkan pada tuhan saja, pasti dia tahu.

gambar 10. harusnya gambar inikan ada diurutan pertama, atau terakhir. jadi lebih linier aja kalo kita udah ngeliat semuanya. tapi, tunggu.... kenapa foto ini ada diurutan tengah? kalo dirunut dari awal. pembuka, foto pertama satu orang, kedua satu orang, ketiga satu orang, dst. kalo dilihat dari urutan gambar, ini adalah gambar ke 9. sedangkan jumlah model fi foto itu cuma 7. yang 2 siapa? kemana? dimana? dasar alamat palsu!pasti ada maksud mengapa ini begini. kausalitas tidak bisa menjawab untuk satu hal ini.

 gambar 11. angka 10 memang selalu istimewa. makannya kita mendapatkan foto istimewa dari teman kita ini. ganteng mingkem nanggung di-background-ni oleh setengah bulat. atau ini memang mirror action dari dua model itu?

gambar 12. ini acion yang paling gue suka. baja tulisan di kaosnya, cheser. orang yang suka ngeces. ngeces (gravitasi), namun dialirkan melalui selang menjungkat ke atas. jadi hemat, karena tidak bisa buang iler semena-mena. beruntung ada alat itu.

gambar 13. alat gravitasi ces.

gambar 14. ada empat model dalam satu frame foto. sungguh patut kita syukuri. sebab, kalo cuma tiga, nanti yang satu bisa mati. ada yang percaya keyakinan ini? gue sih 'nggak.

duh, capek niiih.... ini gambar 15. kuis aja deh, yaa...
ini muka siapa?
a. gue
b. uye
c. murtad
d. kenal tapi gak tau

gambar 16.
?
bener, daah..

gambar 17. ini menarik. bener gak sih, kalo uye itu kentut pas foto ini?

gambar 18. motifnya tersembunyi. tapi si budi (di dalam kolam) itu tertawa. pasti ada satu hal di depan gue yang bikin dia ketawa. minimal lucu buat dia, tapi 'nggak buat gue. gue lupa.

gambar 19. owh... jangan-jangan ini yang bikin budi ketawa, gravitasi ces. ya, alat itu. tapi siapa yang melakukan sehingga budi ketawa?

gambar 20. dela narsis, tanpa mengajak jek yang hampi narsis tapi kepangkas komposisi, dan dia sadar. hahahaha..... sebaiknya kalo mau narsis pake kamera sendiri aja.

gambar 21. action on vacation. yap, elu bener banget. cuma si do'i deh yang pura-pura kepanasan padahal udah pake kacamata item.

gambar 22. ki-ka: dela, uye, murtad, jek, hindra, gue, anvit. tapi siapa yah yang ada di belakang murtad?

gambar 23. kenapa dela ada di situ? padahal udah gue buka pintunya....

gambar 24. jek malu menutup susu dan gue malu menutup jempol.

 gambar 25. ini lebih pantas jadi cover, titik beneran deh. semua ada di sini kecuali yang motret. pas, kaan???

gambar 26. kamera terkena cipratan air kolam sehingga ini layak masuk nominasi cover urutan ke 63.

gambar 27. koordinasinya kurang, niiih.... pgimana sih mas potograpernyah?

 gambar 28. uye pantatnya kemakan siluman kolam. budi tidak. sebab budi berdo'a sebelum berenang.

gambar 29. nominasi cover (versi kotak).

gambar 30. ini foto terakhir ternyata, pemirsaaaah??? what??? terakhir..... berhasil gue.

'nggak nyambung 'nggak papa, yang penting udah aplod. sampai jumpa di #swimterdeydelapan. kabarnya, mau ke waterbum. tunggu poster kita selanjutnya. karena di setiap poster yang muncul, selalu ada banyak kebahagiaan yang baru sebatas niat, mungkin. selamat wisuda della desiva noor dan selamat h-1 ulang tahun uye. wilovyu.

foto oleh: dhinar, uye, della
lokasi: kolam renang hotel brongto jogjakarta
model: kiki, uye, budi, dhinar, murtad, hindra, anvit, jek, dan budi.
5 welcome & joy!: #SWIMTERDEYKETUJUH yang penuh rasa syukur apa hubungan swimterdey dengan rasa syukur? bukannya kita memang selalu harus bersyukur atas apapun? misalnya kelelep - ada motif untuk...

No comments:

< >
Rifqi Mansur Maya adalah seorang kreator audio visual dan hal-hal lintas disiplin seni di antaranya. Dalam blog resmi ini, kamu bisa melihat beragam arsip karya yang dikerjakan Rifqi Mansur Maya. Mari bekerjasama...