Thursday 25 September 2014

Troya 5 Tahun // Surabaya, Jawa Timur




Yang pertama kali harus kita ucapkan adalah,
“selamat ulang tahun Warkop TROYA dan tengkyu INFIS Surabaya.... cherrs!!!!”

Di penghujung tahun 2013 film pendek saya GUELU lolos di festival Psychofest Film Festival yang digelar oleh mahasiswa jurusan Psikologi kampus UNNAIR Surabaya. Pada perhelatan itu pula film saya mendapat mampatan apresiasi dalam bentuk trophy dengan predikat ‘film pendek terbaik kategori umum’.


Cakwaw a.k.a Wiryadi Dharmawan & Warkop Troya'nya


Pertemuan kami bermula di helatan XXI Film Festival pada bulan April tahun 2012 di Jakarta. Seorang teman berkata, “dia itu yang bikin animasi Hela Heli Helo. Percoyo ra kowe? (percaya nggak kamu?)”. Sontak hampir tidak percaya saya akan ujaran kecil itu. bagaimana tidak, saat film animasi Hela Heli Helo diputar di stasiun kegemaran pada hari minggu itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Bisa dilihat betapa mudanya saya dan tuanya dia. Haa.... *kidding, coy! Film kami sama-sama lolos di helatan tersebut. Pada waktu itu dia membawa karya yang berjudul Sang Supporter dan saya (dan Pandhu Adji Surya) mewakili sutradara film kami yang waktu itu berhalangan hadir, Senoaji Julius dengan film Boncengan. Setelah dikonfirmasi ke CakWaw, "Ia, itu aku dan kawan-kawan yang buat". :O

Akhir tahun 2014 kami bertemu kembali, namun kali ini di festival yang berbeda. Yup, kami bertemu di Saturday Movie Screening, gelaran yang digagas oleh UKM Sinematografi UA (Universitas Airlangga-Surabaya). Di situ kami banyak berbicara soal Surabaya dan gejolaknya. Sebab, itu kali pertama saya benar-benar merasakan Surabaya setelah hanya memposisikan Surabaya sebagai kota Transit saya sebelum berangkat ke Kupang untuk menjalankan proyek Koteklema & Ksatria Laut Lamalera akhir tahun lalu. Di sela perjalan pulang ke jogja kami lanjut berkomunikasi via media sosial dan ternyata CakWaw dkk membuat Warkop Troya, sebuah warung kopi dan tempat rekreasi kreasi _menurut bahasa saya, yak :D_ yang hangat, intim, dan bergejolak, dan ini adalah tahun kelima di mana Warkop Troya beroperasi dengan visi kreatif dan nakalnya. Bulan ini adalah perayaan dari ulang tahun kelima warung kopi tersebut.

Awal bulan lalu, via media sosial twitter, admin dari akun @WarkopTroya menawari saya untuk memutar GUELU pada perayaan yang akan digelar itu. Dengan senang hati tentunya saya terima tawaran tersebut. Ternyata mereka (Warkop Troya) bekerja sama dengan INFIS Surabaya melalui program Gerobak Film'nya turut meramaikan party yang akan kita saksikan dalam waktu dekat ini (*silahkan lihat ulang poster di atas).

Akhir kata, Wassalamualaykum Warokhmatuwlohi Wabarokatuh

*akan ada diskon 25% #GUELUmerch pada 28 September 2014. grab it fast!



link terkait:
5 welcome & joy!: Troya 5 Tahun // Surabaya, Jawa Timur Yang pertama kali harus kita ucapkan adalah, “selamat ulang tahun Warkop TROYA dan tengkyu INFIS Surabaya.... cherrs!!!!” Di penghujung tahu...

No comments:

< >